Monday, April 23, 2012

PTK MIMIA JIGSAW


ABSTRAK

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif JIGSAW, Kompetensi Sifat-sifat Unsur

Tujuan pindidikan kimia MA/SMA memberikan pengetahuan untuk memahami penerapan konsep kimia dan saling keterkaitannya, serta mampu menerapkan konsep-konsep kimia dan metoda ilmiah yang melibatkan keterampilan proses untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.
Pembelajaran kimia selama ini  di MAN Pacet Kabupaten Cianjur kurang diminati siswa karena beberapa hal : 1). Banyaknya konsep dasar yang bersifat teoritis yang harus dihafal dan sangat membosankan bagi siswa. 2). Kurangnya Aktifitas siswa kecuali hanya mendengarkan guru berbicara menyampaikan  materi pelajaran. 3). Hasil belajar siswa pada pelajaran kimia rendah. 4).Interaksi sesama siswa dalam belajar sangat rendah. 5).Kerja sama (kooperatif) antar  siswa sangat rendah. 6).Peran guru lebih dominant.
Kurikulum mata pelajaran kimia di  MA/SMA untuk semester ganjil di kelas XII memuat kompetensi unsur-unsur penting, sifat-sifat, kegunaan dan bahayanya serta terdapatnya di alam. Karena luasnya cakupan materi yang harus dikuasai siswa dan bersifat teoritis membuat pelajaran pada kompetensi ini sangat membosankan. Penulis mencoba memperbaiki pembelajran kimia menjadi indah, menarik, inovatif, koperatif dan bermakna bagi siswa maka penulis memilih menerapkan model pembelajaran Koopertive  JIGSAW pada kompetensi sifat-sifat unsur dalam system priodik kelas XII semester ganjil pada MAN Pacet Cianjur dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam belajar kimia.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Pacet Kabupaten Cianjur kelas XII IPA 1 dengan jumlah siswa 39 orang. Letak geografisnya strategis yaitu terletak di jalan raya Bandung Jakarta tepatnya di  Jalan Sindanglaya No. 29 Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.
Kegiatan yang dilaksanakan berupa siklus yang dimulai dari aspek perencanaan, melakukan tindakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, melakukan pengamatan bersama dengan pelaksanaan tindakan dan melakukan refleksi untuk memproses data yang didapat pada saat dilakukan pengamatan (observasi).
Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam II siklus. Tiap siklus menggunakam metode Kooperatve JIGSAW pada pelajaran kimia di kelas XII IPA 1 MAN Pacet Cianjur.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa :
a.       Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Pembelajaran Kooperative JIGSAW dalam mata pelajaran Kimia dapat meningkatkan aktivitas siswa.
b.      Pelaksanaan Pembelajaran Kimia dengan metode Pembelajaran Kooperative JIGSAW dapat meningkatkan kompetensi atau hasil belajar siswa .

No comments:

Post a Comment