ABSTRAK
Kata
kunci: Model Pembelajaran Kooperatif JIGSAW, Kompetensi Sifat-sifat Unsur
Tujuan pindidikan kimia MA/SMA
memberikan pengetahuan untuk memahami penerapan konsep kimia dan saling
keterkaitannya, serta mampu menerapkan konsep-konsep kimia dan metoda ilmiah
yang melibatkan keterampilan proses untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.
Pembelajaran kimia selama ini di MAN Pacet Kabupaten Cianjur kurang
diminati siswa karena beberapa hal : 1). Banyaknya konsep dasar yang bersifat
teoritis yang harus dihafal dan sangat membosankan bagi siswa. 2). Kurangnya
Aktifitas siswa kecuali hanya mendengarkan guru berbicara menyampaikan materi pelajaran. 3). Hasil belajar siswa
pada pelajaran kimia rendah. 4).Interaksi sesama siswa dalam belajar sangat
rendah. 5).Kerja sama (kooperatif)
antar siswa sangat rendah. 6).Peran guru
lebih dominant.
Kurikulum mata pelajaran kimia di MA/SMA untuk semester ganjil di kelas XII
memuat kompetensi unsur-unsur penting, sifat-sifat, kegunaan dan bahayanya
serta terdapatnya di alam. Karena luasnya cakupan materi yang harus dikuasai
siswa dan bersifat teoritis membuat pelajaran pada kompetensi ini sangat membosankan.
Penulis mencoba memperbaiki pembelajran kimia menjadi indah, menarik, inovatif,
koperatif dan bermakna bagi siswa maka penulis memilih menerapkan model
pembelajaran Koopertive JIGSAW pada
kompetensi sifat-sifat unsur dalam system priodik kelas XII semester ganjil
pada MAN Pacet Cianjur dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam belajar kimia.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Pacet
Kabupaten Cianjur kelas XII IPA 1 dengan jumlah siswa 39 orang. Letak
geografisnya strategis yaitu terletak di jalan raya Bandung Jakarta tepatnya
di Jalan Sindanglaya No. 29 Kecamatan
Pacet Kabupaten Cianjur.
Kegiatan yang dilaksanakan berupa siklus yang dimulai dari
aspek perencanaan, melakukan tindakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat,
melakukan pengamatan bersama dengan pelaksanaan tindakan dan melakukan refleksi
untuk memproses data yang didapat pada saat dilakukan pengamatan (observasi).
Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam II
siklus. Tiap siklus menggunakam metode Kooperatve JIGSAW pada pelajaran kimia
di kelas XII IPA 1 MAN Pacet Cianjur.
Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa :
a.
Pelaksanaan
pembelajaran dengan metode Pembelajaran Kooperative JIGSAW dalam mata pelajaran
Kimia dapat meningkatkan aktivitas siswa.
b.
Pelaksanaan
Pembelajaran Kimia dengan metode Pembelajaran Kooperative JIGSAW dapat
meningkatkan kompetensi atau hasil belajar siswa .
No comments:
Post a Comment